Selasa, 22 Januari 2013

Radio Gelap

Gara-gara status teman gw di facebook soal kenangan dulu, waktu membuat dan menjadi penyiar radio gelap (baca: illegal), gw pun jadi teringat masa-masa itu.



Dulu waktu gw SMP, waktu itu masa-masa akhir orde baru sekitar taun '97-'98, di daerah tempat gw tinggal lagi booming-boomingnya radio FM gelap aka illegal dan gw pun sempet bikin dan jadi penyiar di radio gelap itu hehehe.. Seru memang, bertingkah layaknya penyiar professional, ngasih tips, becanda, muterin lagu, dll dipancarkan langsung dari dalam sebuah kamar yang berantakan penuh dengan peralatan elektronik.
Tiang antena pemancar gw pasang di sebuah pohon bacang aka limus di belakang rumah :D Daya pancarnya juga gak terlalu jauh sih, paling banter se-kelurahan.

Waktu itu ada beberapa stasiun radio gelap yang lumayan jadi favorit masyarakat sekitar, seperti radio Gelora FM, Radio Suara Pemuda (guru SMP gua pernah siaran di radio ini hahaha), Mega FM, Canlihey FM dan lain-lain. Waktu itu lagu-lagu yang lagi ngetop adalah lagu-lagu impor dari malaysia :D Jadul banget yah hahaha

Semakin lama siaran stasiun-stasiun radio gelap itu makin menjamur dan menggangu frekuensi radio-radio resmi, bahkan mengganggu siaran televisi, sehingga mereka mulai ditertibkan. Satu persatu mereka pun lenyap dari gelombang frekuensi.

Image: asymptotia.com

5 komentar:

  1. wah rupanya ini pengalaman dulu ya sob..
    Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  2. wah ternyata kita sama2 punya kenangan tentang radio gelap
    :D

    BalasHapus
  3. saya dulu punya mas radio seperti itu bekas ayah saya tapi sudah ga nyala, hahahahhaha yang aneh masih ada di kamer saya buat pajangan abis unik.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, biar gw bisa komen balik :)