Selasa, 26 Agustus 2014

Opini Saya Tentang Perang Gaza-Israel

Saya ingin menyikapi dan beropini tentang peristiwa hangat yang sedang terjadi sekarang ini.

Saat ini masih berlangsung perang yang terjadi antara dua pihak yang tidak seimbang yaitu pejuang Hamas di Gaza dan militer Israel. Dari pengamatan saya sebagai orang awam saya dapati beberapa hal berikut ini:


1. Bahwa wilayah gaza adalah sebuah wilayah yang diblokade oleh pihak Israel sejak 2005. Wilayah ini menjadi terisolir dan disebut-sebut sebagai penjara terbuka terbesar di dunia. Tidak ada pendudukan di gaza seperti yang terdapat di wilayah tepi barat. Namun karena diblokade maka tentu keadaan semakin sulit dan bisa jadi lebih buruk dari wilayah pendudukan.

2. Hamas adalah bentuk perlawanan rakyat palestina yang tertindas karena pendudukan dan blokade serta pencaplokan wilayah. Hamas terbentuk setelah pendudukan Israel. Banyak yang menyatakan bahwa hamas adalah teroris. Logika saja, jika negara kita dijajah asing apa kita akan diam saja?

3. Lebih dari 70 persen korban perang ini adalah warga sipil termasuk wanita dan anak-anak. Korban anak-anak setidaknya berjumlah 500 jiwa lebih melayang dari pihak palestina. Ada yang mengatakan ini bukanlah perang, akan tetapi ini adalah pembantaian. Pembunuhan terhadap anak-anak yang sedang bermain bola menjadi bukti kuat bahwa Israel menargetkan siapa saja untuk dihabisi termasuk anak-anak tak berdosa.

4. Peristiwa ini menarik perhatian dunia termasuk juga para selebritis dimana diantara mereka ada yang bersimpati dengan peristiwa ini. Diantara mereka yang menolak perang ini dan mengharapkan perdamaian bagi gaza diantaranya adalah Selena Gomez, Penelope Cruz, Javier Bardim, Madonna dan Russel Brand

5. Sementara pemerintah Amerika mendukung penuh Israel serangan ke gaza, namun masih ada juga warga Amerika yang bersimpati kepada warga Palestina. Salah satunya adalah Joe Catron seorang jurnalis. Selain itu, banyak pula simpatisan dari negara barat lain. Baik yang berada di gaza atau mereka yang berada di negara masing-masing.

6. Walau palestina di dukung kemerdekaanya oleh rakyat Indonesia sebagaimana sesuai dengan pembukaan UUD 1945 bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, namun ada sebagian kecil warga Indonesia yang mendukung Israel. Bisa kita lihat opini mereka di berbagai forum online atau media sosial. Entah logika apa yang mereka pakai sampai bisa mendukung negara penjajah.

Konflik ini merupakan konflik yang rumit di mana keinginan satu pihak berlawanan dengan pihak lainnya sehingga sulit ditemukan jalan tengah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, biar gw bisa komen balik :)